Rabu, 25 Mei 2011

BAB 10 AKUNTANSI INTERNASIONAL UNTUK GOODWILL DAN AKTIVA TAK BERWUJUD


Intangible asset adalah hak,hak istimewa,dan keuntungan kompetitif yang timbul dari pemilikan suatu aktiva yang berumur panjang,yang tidak memiliki wujud fisik tertentu.bukti pemilikan intangible asset bias berupa kontrak,lisensi,atau dokumen lain.
Intangible asset mungkin timbul dari :
a. Pemerintah,misalnya hak paten,hak cipta,merek dagang,dan nama dagang.
b. Perusahaan lain,misalnya pembelian yang mencakup pembayaraan goodwill.
c. Perjanjian tertentu,misalnya franchise dan lease.

GOODWILL
Goodwill merupakan salah satu asset tak berwujud yang timbul sebagai akibat dari merger dan akusisi.goodwill adalah kelebihan harga beli untuk sebuah perusahaan di atas fair value dari keseluruhan asset bersih yang diperoleh perusahaan penawar.
Ada dua macam konsep goodwill yaitu purchased goodwilldan negative goodwill.purchase goodwill diperoleh bila harga beli lebih tinggi dari fair value asset-aset bersih,sedangkan negative goodwill diperoleh jika harga beli lebih rendah dari fair value asset-aset bersih.
Beberapa konsep tentang goodwill :
1. Goodwill bukanlah sebuah asset yang independen seperti kas atau pun barang dagang yang dapat di jual ataupun dipertukarkan.
2. Goodwill haya sebuah penilaian dari asey-aset yang undervalued ataupun yang tidak tercatat.
3. Goodwill bukanlah asset yang berdiri sendiri namun hanya ada di dalam kombinasi bersama asset lainnya.



Metode Akuntansi
Aset tanpa amortisasi
Pendukung metode ini mengemukakan pembelian goodwill harus dianggap sebagai modal dengan asumsi bahwa keuntunga ekonomi di masa mendatang di harapkan untuk diberi penilaian dan pada sebuah usaha yang sukses nilai dari goodwill tidak dapat susut karena secara terus menerus di utamakan.

Aset dengan Amortisasi yang sistematis
Pendukung metode ini menyatakan goodwill sebagai sebuah asset yang berpengaruh terhadap keuntungan ekonomis dimasa mendatang.goodwill merupakan biaya sumber daya yang digunakan sehingga perlu diamortisasi secara sistematis terhadap pendapatan.

Penghapusan langsung
Pendukung metode ini menyatakan pembelian goodwill bukanlah sebuah asset yang berhubungan dengan laporan keuangan.Goodwill tidak dapat dipisahkan atau secara independen nyata namun hanya karenapenilaian sebuah perusahaan atau usaha secara kesluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar